Lompat ke isi utama
Donor Mastercard Center for Inclusive Growth
Lokasi Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Barat

STRIVE Indonesia

Latar belakang

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan mesin utama di balik pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Sebanyak 64 juta UMKM mempekerjakan 97% dari total tenaga kerja dalam negeri, bahkan turut menyumbang 61% dari Produk Domestik Bruto (PDB). Namun, mereka menghadapi berbagai tantangan, termasuk keterbatasan konektivitas, hambatan keuangan, dan kurangnya keterampilan digital. Hanya 17,5 juta UMKM yang telah memasuki ekosistem digital, sementara baru 20% UMKM yang telah menerima kredit dari Lembaga keuangan formal.

Mastercard Strive Indonesia, dengan dukungan Mastercard Center for Inclusive Growth, berinisiatif untuk menjawab tantangan tersebut. Belajar dari kesuksesan program Mastercard Academy 2.0, Strive Indonesia akan menjawab kebutuhan UMKM dan memberdayakan perempuan pengusaha selama tiga tahun (hingga April 2026). Secara khusus, program ini akan memberdayakan 300.000 usaha kecil (40% dimiliki oleh perempuan), dengan mengutamakan digitalisasi, akses kredit, dan penguatan ekosistem pendukung. 

Melalui pendekatan interaksi tatap muka dan teknologi, Strive Indonesia akan memberikan pelatihan, pendampingan, produk dan layanan keuangan, pengembangan pasar, peningkatan efisiensi operasional usaha sehingga UMKM dapat tumbuh berkelanjutan dan tangguh.  Selain itu, inisiatif ini menghadirkan pendekatan unik untuk berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan guna memperkuat ekosistem pendukung UMKM. Strive Indonesia bertujuan untuk mendorong pembangunan ekonomi inklusif, menciptakan lapangan kerja, dan membangun ekonomi Indonesia yang lebih tangguh.

Tujuan Kami

Program Mastercard Strive Indonesia memiliki tiga fokus area, yaitu:

  1. Go Digital - Membangun permintaan dan menurunkan hambatan adopsi teknologi melalui pendampingan sejawat (peer mentoring) dan meningkatkan kepercayaan penggunaan digital.
  2. Get Capital - Bekerja sama dengan lembaga keuangan bank dan non-bank untuk lebih memperluas akses kredit bagi UMKM, terutama yang dipimpin / dimiliki oleh perempuan.
  3. Supporting Ecosystem - Membangun jaringan pembelajaran dan melakukan penelitian tentang digitalisasi usaha kecil untuk berbagi wawasan dan praktik baik.

Target Area dan Peserta

Dalam pelaksanaan program Strive Indonesia, kami akan menjangkau 300.000 (40% perempuan)  UMKM di Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Barat. Fokus peserta program adalah UMKM di sector usaha makanan dan minuman, kriya non-furnitur, fesyen, dan usaha di rantai nilai pariwisata. 

Berita Terkait

Kisah Ramsiah, Berawal dari Iseng B...
JAKARTA, KOMPAS.com – Bisnis kerajinan tangan semakin diminati oleh masyarakat di tengah barang produksi massal. Banyak dari generasi...
Mastercard Strive Incar 300.000 UMKM untuk Dibina
Jakarta, KOMPAS.com – Mastercard Indonesia meluncurkan program Mastercard Strive Indonesia dalam rangka mendukung pengembangan UMKM...
Digitalisasi UMKM di Indonesia
Co-Founder dan Chief Operating Officer DOKU, Nabilah Alsagoff (tengah) didampingi Ketua Umum Perkumpulan Wirausaha Pekerja Migran...

Dokumen Terkait