Lompat ke isi utama
Batas Waktu
Lokasi

Konsultan - Penyelenggara Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Operasi Penanganan Darurat Bencana secara Daring

Latar Belakang

Program Investing in Human Capital for Disaster Management fase ke-2 (INVEST DM 2.0) merupakan program kerja sama antara pemerintah Amerika Serikat dan pemerintah Republik Indonesia untuk meningkatkan kapasitas lembaga penanggulangan bencana Indonesia. Kerja sama ini dilakukan melalui USAID’s Bureau of Humanitarian Assistance (BHA) dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Program INVEST DM 2.0 menjadikan pengembangan sumber daya manusia di bidang penanggulangan bencana (PB) sebagai pintu masuk untuk menjawab berbagai tantangan yang ada agar tercipta penguatan kapasitas lembaga PB di Indonesia dan sumber daya di berbagai tingkatan administrasi pemerintahan, sehingga mampu untuk memenuhi mandatnya dalam memberikan layanan penanggulangan bencana dan penyelamatan jiwa yang efektif.

Purpose / Project Description:

Unit kerja Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) sesuai Peraturan BNPB 4/2019 Pasal 294 Poin c memiliki fungsi penyusunan rencana operasi penanganan pada saat siaga darurat, tanggap darurat, dan transisi darurat ke pemulihan. Peraturan Kepala BNPB 24/2010 tentang Pedoman Penyusunan Rencana Operasi Darurat Bencana merupakan acuan yang dipakai, disesuaikan dengan Sistem Komando Penanganan Darurat Bencana yang diatur di dalam Perka BNPB 3/2016.

Untuk mendukung peningkatan kapasitas personil Pusdalops BNPB dalam menjalankan fungsi di atas, Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan rencana operasi penanganan darurat bencana (RenOps) secara daring akan diberikan kepada 12 orang personil Pusdalops BNPB. Program INVEST DM 2.0 mencari Konsultan (tim ataupun individu) untuk menyelenggarakan bimbingan teknis dimaksud, berkolaborasi dengan Pusdalops BNPB dan Pusdiklat PB BNPB menggunakan platform Learning Management System (LMS) OpenedX. Modul Bimtek penyusunan RenOps telah tersedia di dalam LMS Pusdiklat PB BNPB sebagai platform pengelolaan kegiatan. Tim Konsultan akan bertanggung jawab untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan Bimtek, melaksanakan kegiatan Bimtek, dan pelaporan hasil maupun kegiatan Bimtek.

Diharapkan melalui kegiatan ini, personil Pusdalops BNPB sebagai peserta Bimtek meningkat kapasitasnya baik pengetahuan maupun keterampilan dalam menyusun rencana operasi penanganan darurat bencana. Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan Pusdalops dan Pusdiklat BNPB semakin siap dalam menyelenggarakan Bimtek penyusunan rencana operasi penanganan darurat bencana secara daring.  

Consultant Activities:

Konsultan akan bertanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan, termasuk namun tidak terbatas pada:

Persiapan:

  • Menelaah silabus dan rencana belajar.
  • Memastikan kesiapan platform OpenedX untuk penyelenggaraan Bimtek daring Penyusunan Rencana Operasi Penanganan Darurat Bencana.
  • Berkoordinasi dan berkonsultasi dengan Pusdalops dan Pusdiklat BNPB terkait jadwal dan persiapan lainnya yang dibutuhkan. Bimtek daring ini menggunakan metode self-paced learning dengan periode hingga 2 (dua) minggu.
  • Memastikan adanya instruktur untuk konsultasi secara virtual pada akhir setiap sesi/unit mata latih. Pemilihan instruktur perlu dikonsultasikan dengan Pusdalops dan Pusdiklat BNPB.
  • Menyiapkan pre-post tests bersama instruktur.

Pelaksanaan:

  • Menyelenggarakan Bimtek berkolaborasi dengan Pusdalops dan Pusdiklat BNPB.
  • Memanfaatkan seluruh fitur LMS (openedX) Pusdiklat BNPB dalam mengelola berjalannya Bimtek.
  • Mengawal seluruh proses Bimtek, termasuk memberikan bimbingan kepada peserta untuk memastikan tercapainya tujuan Bimtek.
  • Menjalankan pre-post tests.
  • Menyiapkan sertifikat Bimtek bagi peserta yang lulus, sesuai dengan prosedur di BNPB.

Pelaporan:

  • Menyiapkan laporan kegiatan Bimtek, yang termasuk di dalamnya perubahan pengetahuan dan keterampilan peserta Bimtek, serta pembelajaran dari pelaksanaan Bimtek

Consultant Deliverables:

  1. Inception report termasuk di dalamnya: materi pre-post tests, kesepakatan jadwal-jadwal, instruktur terpilih, calon peserta Bimtek.
  2. Laporan kegiatan, termasuk di dalamnya: rundown dan pembelajaran pelaksanaan Bimtek, perubahan pengetahuan dan keterampilan peserta, data-data kepesertaan Bimtek, serta saran perbaikan penyelenggaraan Bimtek online kedepannya.

Timeframe / Schedule

Periode penugasan di bulan Oktober 2022.

Reporting

Tenaga ahli akan melapor kepada Senior Disaster Risk Management, Systems and Strategy Specialist.

Required Experience & Skills

  • Individual atau tim yang berpengalaman minimum 5 tahun dalam mengelola dan menyelenggarakan bimbingan teknis secara luring dan daring.
  • Mahir dalam mengelola bimbingan teknis dan/atau pelatihan menggunakan LMS openedX. Lebih disukai yang memahami dan/atau berpengalaman mengelola platform LMS openedX Pusdiklat BNPB.
  • Memiliki keahlian dalam penyusunan rencana operasi penanganan darurat bencana.

Cara Melamar

Calon kandidat individual/ team mengirimkan proposal yang didalamnya termasuk rencana kerja dan detail anggaran, CV ke procurement@id.mercycorps.org selambat – lambatnya tanggal 31 Oktober 2022 dengan subject email “Konsultan Bimtek Online RenOps” Hanya kandidat yang memenuhi kulaifikasi dan pengalaman yang dibutuhkan yang akan dihubungi.

Keanekaragaman, Kesetaraan & Inklusi

Mencapai misi kami dimulai dengan bagaimana kami membangun tim kami dan bekerja sama. Melalui komitmen kami untuk memperkaya organisasi kami dengan orang-orang dari berbagai asal, keyakinan, latar belakang, dan cara berpikir, kami lebih mampu memanfaatkan kekuatan kolektif tim kami dan memecahkan tantangan paling kompleks di dunia. Kami berjuang untuk budaya kepercayaan dan rasa hormat, di mana setiap orang menyumbangkan perspektif dan diri mereka yang otentik, mencapai potensi mereka sebagai individu dan tim, dan berkolaborasi untuk melakukan pekerjaan terbaik dalam hidup mereka.

Kami menyadari bahwa keragaman dan inklusi adalah sebuah perjalanan, dan kami berkomitmen untuk belajar, mendengarkan, dan berkembang menjadi lebih beragam, setara, dan inklusif daripada saat ini.

Kesempatan Kerja yang Setara

Kita berkomitmen untuk menyediakan lingkungan yang saling menghormati dan keamanan psikologis di mana kesempatan kerja yang setara tersedia bagi semua orang. Kami tidak terlibat dalam atau menoleransi diskriminasi berdasarkan ras, warna kulit, identitas gender, ekspresi gender, agama, usia, orientasi seksual, asal kebangsaan atau etnis, kecacatan (termasuk status HIV/AIDS), status perkawinan, status veteran militer, atau kelompok lindung lainnya di lokasi tempat kami bekerja.

Pengamanan & Etika

Anggota tim Mercy Corps Indonesia diharapkan untuk mendukung semua upaya menuju akuntabilitas, khususnya kepada pemangku kepentingan kami dan standar internasional yang memandu pekerjaan bantuan dan pembangunan internasional, sambil secara aktif melibatkan masyarakat sebagai mitra setara dalam desain, pemantauan, dan evaluasi proyek lapangan kami. Anggota tim diharapkan untuk berperilaku profesional dan menghormati hukum setempat, adat istiadat, serta kebijakan, prosedur, dan nilai MCI setiap saat dan di semua tempat dalam negeri.

Registrasi Informasi Peluang di MCI

Daftarkan Email anda untuk mendapatkan informasi peluang terbaru dari MCI
The subscriber's email address.