Lompat ke isi utama
Batas Waktu
Lokasi

Konsultan Produksi video cerita perubahan dan program INVEST DM 2.0

Latar Belakang:

Mercy Corps Indonesia adalah bagian dari keluarga Mercy Corps global, sebuah organisasi global terkemuka yang didukung oleh keyakinan bahwa dunia yang lebih baik adalah mungkin. Dalam bencana, dalam kesulitan, di lebih dari 40 negara di seluruh dunia, kami bermitra untuk menerapkan solusi berani ke dalam tindakan — membantu orang menang atas kesulitan dan membangun komunitas yang lebih kuat dari dalam.

Program INVEST DM 2.0 (Investing in Human Capital for Disaster Management) merupakan program kerjasama antara Pemerintah Amerika Serikat (melalui USAID) dan Pemerintah Republik Indonesia (melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana, BNPB). INVEST DM 2.0 dirancang sebagai kelanjutan dari program USAID/BHA Technical Assistance and Training Team (TATTs) (2014-2019) dan tahap pertama dari program INVEST DM (Mei 2019-Jan 2021). Program ini difokuskan pada tingkat nasional, dengan banyak intervensi diharapkan dapat diserap oleh daerah. Program ini secara langsung mendukung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam membangun kapasitas sumber daya manusia (reformasi birokrasi dan peningkatan kapasitas) dan kapasitas nasional penanggulangan bencana (PB) melalui inisiatif pendidikan dan pelatihan serta perbaikan sistem dan strategi. Diharapkan inisiatif-inisiatif ini akan berkontribusi pada penguatan institusi PB lokal dan orang-orang di tingkat administrasi utama yang akan lebih siap dan mampu memenuhi mandat mereka untuk memberikan layanan PB yang efektif dan menyelamatkan jiwa.

Pendekatan yang diambil INVEST DM 2.0 adalah "Membangun lingkungan yang mendukung untuk Peningkatan Kapasitas dan Kemandirian" untuk memungkinkan Pemerintah Indonesia dan BNPB merekrut, melatih, mempertahankan, dan mengganti aliran staf yang memenuhi syarat untuk memimpin upaya DRM Pemerintah Indonesia (pencegahan, kesiapsiagaan, respon, dan pemulihan). Program INVEST DM 2.0 bekerja sama dengan mitra BNPB dan unit teknisnya untuk memberikan dukungan konsultasi dan bantuan teknis. Hal ini disesuaikan untuk meneliti, meningkatkan dan/atau mendukung pembentukan, implementasi, dan pengukuran inisiatif pengembangan organisasi. Hal ini akan meningkatkan keterampilan dan memprofesionalkan tenaga kerja untuk mencapai budaya kinerja tinggi. Hal ini akan dicapai melalui dukungan terhadap agenda reformasi BNPB untuk pengembangan organisasi dan manajemen perubahan bagi pegawai negeri dengan:

  1. Berkontribusi dalam pengembangan kapasitas organisasi Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) BNPB.
  2. Membantu Biro Umum dan Sumber Daya Manusia dengan inisiatif perencanaan dan pengembangan tenaga kerja yang ditargetkan untuk meningkatkan manajemen personalia secara keseluruhan.
  3. Memfasilitasi Pusdalops (EoC) untuk memajukan reformasi sistem operasi darurat dan meningkatkan koordinasi pengelolaan data dan komunikasi.
  4. Dukungan kebijakan dan perencanaan kepada departemen Sistem dan Strategi (DSS) untuk memajukan inisiatif kebijakan BNPB yang berkembang yang meningkatkan penyediaan layanan penyelamatan dan kesiapsiagaan BPBD subnasional.

Untuk detailsnya lihat di attachment

Registrasi Informasi Peluang di MCI

Daftarkan Email anda untuk mendapatkan informasi peluang terbaru dari MCI
The subscriber's email address.